Percepatan Pemulihan Ekonomi Dampak Pandemi COVID-19 Sektor Kelautan dan Perikanan

Jakarta, 15 April 2020

Bapak Edhy Prabowo, S.E., M.M., M.B.A. selaku Menteri Kelautan dan Perikanan memberikan arahan pada Rapat Koordinasi melalui Video Conference dengan para Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi se Indonesia.

Beberapa hal dapat kami sampaikan secara singkat sebagai berikut :

  1. Langkah Antisipatif KKP untuk Percepatan Penanganan Dampak COVID-19 dengan melakukan pendataan semua hasil produksi perikanan tangkap dan budidaya termasuk semua infrastruktur rantai dingin guna perencanaan penguatan terhadap hasil-hasil produksi perikanan
  2. Skema pelaksanaan percepatan terbagi atas Bulan Bakti Nelayan, Bulan Mutu Karantina dan GEMARIKAN
  3. Beliau menyampaikan Pengaruh Pandemi COVID-19 terhadap Permintaan Produksi Kelautan dan Perikanan mengalami ketidakstabilan sehingga Harga Ikan/Udang mengalami penurunan dengan harga kisaran 20-30% berakibat hasil panen tidak terserap secara keseluruhan.
  4. Bapak menteri juga menyampaikan Delapan Usulan Stimulus Ekonomi Sektor Kelautan dan Perikanan antara lain Bantuan Pemerintah bagi Masyarakat Nelayan, Pembudidaya Ikan, Pengolah/Pemasar dan Petambak Garam termasuk dalam wujud BLT. Penurunan Bea Masuk Tin Palte dan Kaleng Jadi. Pembelian Garam Hasil Petambak.
  5. Bapak Menteri Optimis bisa berperan serta dalam percepatan ekonomi dengan berbagai potensi kelautan dan perikanan yang dimiliki bangsa ini termasuk dukungan Perusahaan-perusahaan yang tersebar di 34 Provinsi dengan Potensi penyimpanan hasil perikanan 230.345 Ton dan estimasi hasil panen hasil perikanan.

Paparan dari arahan Bapak Menteri Kelautan dan Perikanan Selengkapnya dapat di unduh di link ini (Percepatan Pemulihan Ekonomi Dampak Pandemi COVID-19 Sektor Kelautan dan Perikanan)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DinlutkanRembang
Follow by Email
Instagram